09 October 2008

Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager

7:27 PM Posted by Slamet Aprianto No comments
Muhammad: Super Leader Super ManagerMuhammad is the most successful of all Prophets and religious personalities (The Encyclopaedia Britanicana)
Mengkaji perjalanan hidup Rasulullah SAW adalah bagaikan mengarungi lautan yang tidak bertepi karena sangat luas, sangat kaya, dan sangat mencerahkan. Keluasan suri tauladan Muhammad SAW mencakup semua aspek hidup dan kehidupan.

Itulah pengalaman yang dirsakan Syafii Antonio ketika menyusun buku berjudul Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager ini. Karenanya, agar pembahasan dalam buku ini tidak terlalu melebar, penulis menetapkan delapn bidang utama leadership yang akan dikaji yaitu self development atau personal leadership, bisnis dan kewirausahaan, keluarga, kepemimpinan keluarga, dakwah, sosial dan politik, sistem hukum, pendidikan, dan strategi militer.


Alhasil, inilah buku yang berhasil melihat Muhammad Rasulullah SAW dengan kaca mata baru yang lebih luas. Dalam arti bukan saja mengakui Muhammad sebagai nabi dan rasul tetapi juga menempatkannya sebagai pemilik trait of leadership dan models of management.

Berhasilkah? Sepertinya begitu. Terbukti dari komentar yang dilontarkan pakar dan tokoh yang sudah lebih dahulu berkesempatan membaca buku ini.

Simak apa yang dikatakan Ketua MPR RI, Dr Hidayat Nur Wahid. Katanya, ini buku pertama yang ditulis cendekiawan Indonesia yang mengkaitkan secara padu dan sistematis antara suri tauladan Muhammad Saw dengan disiplin leadership dan manajemen modern. “Merupakan satu pencerahan yang dinanti Indonesia dan dunia,” pujinya.

Tak hanya Hidayat, seorang pembaca juga menuliskan kesan-kesan setelah membaca buku ini dalam blog pribadinya: Saya baca pelan-pelan buku sangat takjub sekali, karena isinya adalah kutipan dari sumber informasi mengenai Nabi Muhammad SAW di seluruh dunia, ada yang dari Jerman, Perancis, Inggris, China dll.
Ini merupakan “Learn How to Succeed in Business and Life from the best Example”. Belajar kearifan leadership dan manajemen dari suri tauladan terbaik dalam self development, dari seorang pribadi, pedagang, pemimpin bisnis, investment manager hingga ke business owner, sebagai kepala keluarga, da’i, pemimpin sosial-politik, guru, pemimpin hukum, sebagai orang kaya, sedang maupun miskin. Baik sebagai suami ber-monogami hingga ke polygami. Baik sebagai mertua, menantu, suami yang baik, suami dari mantan budak, keturunan ningrat, janda beranak banyak, gadis, sampai dengan wanita lanjut usia.

Muhammad adalah sosok yang terlalu hebat dan luas untuk digambarkan. Buku ini mampu mematahkan stigma negatif dan nista dari para orientalis yang telah rabun jauh menilai tentang sosok Rasulullah dengan penuh distorsi fakta dan subjektivitas sepihak yang tak terpuji.
Membaca section demi section buku ini, kata seorang pembaca lain dalam blog pribadinya, saya merasa membaca buku sirah Nabi namun juga seperti membaca buku seri management aplikatif yang sederhana dan penuh motivasi.

Kesan demikian mendalam yang dituturkan pembacanya tentu bukan sesuatu yang datang begitu saja. Bukankah dibalik makanan lezat selalu ada koki yang hebat? Demikian dengan buku ini, ia diracik dengan teliti dan hati-hati. Dalam bukunya, penulis memaparkan metodologi penyusunannya seperti berikut. Pertama kali dilakukan penelusuran terhadap sumber utama kehidupan Rasulullah SAW berupa ayat ayat Al-Qur’an, musnad-musnad dan sunan hadits, buku-buku sirah, maghazi wa siyar, kitab-kitab syama’il, buku-buku tentang haramayn, buku sejarah, kitab autobiografi para tokoh dan sebagainya.

Sambil melakukan telaah terhadap sumber-sumber turast, penulis juga mengkaitkan dengan beberapa teori leadership dan manajemen yang dikembangkan dewasa ini. “Memang benar hampir sebagian besar model manajemen kontemporer yang terkenal di dunia saat ini dikembangkan di dunia Barat. Bukan Barat atau Timur yang penulis analisa tetapi sejauh mana terdapat persamaan atau perbedaan dalam nilai nilai dasar (core values) yang melandasi suatu konsep atau model manajemen,” katanya.

Salah satu kelebihan buku ini adalah tersedianya diagram dan tabel dalam setiap bahasannya. Sehingga, cukup membantu pembaca, terutama yang super sibuk, untuk mengkaji baris demi baris penjelasan dalam buku ini. Bahkan, dalam setiap event penting seperti Badar, Uhud, Khandaq, Hudaibiyah dan rute-rute pada ambassador (duta), Rasulullah SAW penulis sertakan peta dan denah. Menarik!

Anda bisa mendapatkan bukunya di Toko Buku Online khusus buku-buku Bisnis dengan diskon 15%, Mungkin dapat anda tiru dan praktekkan isi buku tersebut, seperti komentar ustadz Yusuf Mansyur tentang buku ini, selamat mengenal, mengikuti dan mencintai Rasulullah SAW!

0 comments:

Post a Comment